LightBlog

Ini Bukan Hari Raya Saraswati (biasa)


Postingan ngebut nih. Jam 12 nanti janji bimbingan ama pembimbing 2. Kemaren ga bisa ngeblog gara-gara wifi mekdi mati. Pulang-pulang rencananya ngebenerin bab 2, eh bablas ketiduran ampe jam 7. Bangun-bangun mata bengkak. Heu

Dua hari belakangan di Bali lagi ngerayain Hari Raya Saraswati. Hari turunnya ilmu pengetahuan. Umat Hindu melakukan persembahyangan memuja dewi Saraswati. Dewi ilmu pengetahuan sekaligus saktinya dewa Brahma. Ku lupa kalo punya padmasana di fakultas. Hampir aja ga sembahyang kesana. Untung aja diajakin sembahyang kesana.

Padmasana MIPA
Nyampe padma MIPA ternyata lagi ada yang sembahyang. Ku dan rombongan (yang cuma bertiga, hihi) nunggu ampe mereka selesai sembahyang. Ada beberapa orang, kayaknya sih udah paham daerah sekitar padma. Mereka menyebrangi semak-semak biar bisa menuju padma tanpa ngelewatin orang sembahyang. Duh, gue mah ogah lewat begonoan. Kita ga tau "ancaman" apa yang ada di balik semak-semak itu kan? :)

Ritual setelah sembahayang adalah metirta dan mebija. Metirta adalah pembercikan dan pemberian air suci ke umat yang sembahyang. Sedangkan mebija itu kita dikasi beras basah lalu kenakan masing-masing 3 bulir di kening, leher, dan ditelan. Aku ga fasih mercikin tirta ke pacar. Ga ada bakat nih kayaknya. Padahal ku pengen jadi pemangku (pemimpin upacara). Ku mercikin tirta kayak orang emosi. Banyak dan keras (lebih mirip mandiin sapi XP).

Selesai sembahyang di padma MIPA, lanjut ke pura Blembong yang letaknya di belakang rektorat Universitas Udayana. Selanjutnya kami sembahyang ke padmasana Unud di Bukit Jimbaran. Setelah ngelungsur (meminta) tirta di padma Unud, tirta itu kupake mebanten canang Saraswati di kamar. Kue cicak di canang Saraswati ini akan ditelen ekornya besok harinya. Katanya sih biar pinter. Hahahaha. Tapi menurutku ini ada makna lainnya. Cuma dikasi arti kayak gini biar anak-anak mau makan kue ini.:)

Pura Blembong
Padmasana Unud

Senjata Sembahyang!
Selama Saraswati juga katanya ga boleh belajar, ga boleh baca. Tapi ku lebih percaya kata seorang pendeta yang bilang kalo di hari Saraswati ga boleh membunuh huruf.

Keesokan harinya sebagai penutup rangkaian hari Saraswati ini, umat Hindu melaksanakan Banyu Pinaruh. Umat Hindu menyucikan diri dengan mandi di mata air. Boleh air sumur, boleh juga pantai. Makanya kemaren hampir semua pantai, terutama Sanur, penuh banget! Kalo aku cukup mandi di rusunawa aja make air kumkuman. Air yang dibuat khusus. Wangi-wangi gitu. Sekali make wanginya ga akan hilang seharian. Sayangnya ku lupa cara makenya. Ku pikir airnya dipake sebelum mandi, ternyata kebalik. Heu

Yeh (air) kumkuman
Oia canang Saraswati juga harus "dibuang" di depan rumah sehari setelah hari Saraswati. Tepatnya hari Minggu kemaren.
Share on Google Plus

About Rizqi Wijaya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 coment�rios :

Post a Comment